EVALUASI ATAS AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP) KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2019

Pada bulan Agustus 2019, telah dilaksanakan kegiatan Evaluasi atas AKIP Kabupaten Pemalang Tahun 2019, tepatnya pada hari Senin-Selasa (19-20 Agustus 2019). Untuk tahun ini, penerapan Sistem AKIP Kabupaten Pemalang dievaluasi oleh Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. Adapun lokus evaluasi dilakukan pada level Pemerintah Daerah serta pada 20 (dua puluh) Perangkat Daerah sebagai uji petik atas penerapan SAKIP Kabupaten Pemalang. Dalam pelaksanaannya, seluruh Kepala Dinas dari Perangkat daerah tersebut memaparkan tentang penerapan SAKIP pada perangkat daerahnya. Adapun untuk Pemerintah Kabupaten Pemalang, paparan disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Darah Kabu[aten Pemalang, Ibu Ni Wayan Asrini, S.H., M.Si.

Evaluasi AKIP ini bertujuan untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta untuk memberikan saran perbaikan yang diperlukan guna meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Dari tahun ke tahun terdapat peningkatan nilai yang cukup signifikan dalam perolehan nilai SAKIP. Pada tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Pemalang memperoleh nilai SAKIP 55,06 (predikat CC)  dan terus meningkat hingga akhirnya pada tahun 2018 berhasil memperoleh nilai SAKIP 63,63 (predikat B).

Hasil tersebut merupakan wujud keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam meningkatkan penerapan SAKIP baik pada tingkat Pemerintah Kabupaten maupun pada Perangkat Daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *