Bimbingan Teknis Standar Pelayanan

Sesuai dengan amanat UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, meyebutkan bahwa penyelenggara pelayanan publik berkewajiban untuk menyediakan pelayanan publik yang berkualitas. Untuk itu dalam rangka menjamin pelaksanaan pelayanan publik berjalan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku, maka perlu disusun dan ditetapkan standar pelayanan publik yang berfungsi sebagai pedoman maupun standar yang digunakan penyelenggara layanan untuk melaksanakan pelayanan publik sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Dengan adanya Standar Pelayanan Publik maka tercipta kepastian dan kejelasan hak dan kewajiban bagi penyelenggara maupun penerima pelayanan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Penerapan Standar Pelayanan Publik juga sekaligus berfungsi sebagai alat ukur kinerja pelayanan, selanjutnya dapat diambil langkah perbaikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik selaras dengan kemampuan penyelenggara guna mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Untuk itu, seluruh penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk mampu menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan publik dengan baik serta konsisten sesuai prinsip-prinsip penyusunan standar pelayanan publik yaitu sederhana, partisipatif, akuntabel, berkelanjutan, transparansi dan keadilan.

Materi dapat di unduh disini (klik pada tulisan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *