Sosialisasi Perbup Nomor 41 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan SKM

Seiring dengan kemajuan teknologi  dan  tuntutan  masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara  pelayanan  publik  dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan.

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan  melalui  media massa dan jejaring sosial. Tentunya keluhan  tersebut,  jika  tidak  ditangani memberikan dampak buruk terhadap pemerintah. Lebih jauh lagi adalah dapat menimbulkan ketidakpercayaan dari masyarakat.

Salah satu upaya yang  harus  dilakukan  dalam  perbaikan  pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat (SKM) kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan.

Mengingat unit penyelenggara pelayanan publik sangat beragam, untuk memperoleh Indeks Pelayanan Publik maka dalam melakukan Survei Kepuasan Masyarakat diperlukan metode survei yang seragam  sebagimana diatur didalam pedoman ini.

Materi Sosialisasi dapat di unduh disini (klik disini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *